Temu Kangen Kumpulan Emak Blogger di HUT KEB 11 Tahun



Hujan rintik-rintik tidak menyurutkan langkah semangat para emak blogger untuk bertemu. Sudah lama tidak ada kegiatan blogger selama pandemi. Inilah saatnya kopdar alias tatap muka setelah sekian lama mager di rumah aja.

Nggak nyangka, saya bisa hadir ke event KEB 11 Tahun. Yaitu syukuran tambah usia komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) di Jakarta. Terakhir, dulu banget ke Ultah KEB ke 3 di Bandung. Setelah itu nggak bisa dateng lagi ke acara ultah berikutnya karena riweuh. Tapi beberapa acara KEB selain ultah, saya sempat dateng lho. 

KEB 11 Tahun
Kenangan HUT KEB 3 Tahun di Bandung
(foto: Mak Juanita, diedit oleh Google Auto Awsome)

Saya nekad daftar jadi peserta Syukuran HUT KEB 11 Tahun karena kangen! Pasca pandemi kayaknya harus nih ketemuan sama emak-emak blogger. Acaranya 
diadakan pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2023. Bertempat di Balinotes Terrace dengan alamat Jl. Prof. Dr. Sutono SH No.15 Petogagan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. 

Dresscode kain atau kebaya sempat bikin saya jadi galau. Maklum, bodi sudah melebar hingga kebaya lamaran nggak muat lagi, haha. Jadi saya pilih pakai rok batik saja. Itu pun saya pinjem blus atasan dan sepatu putih teplek ke tetangga. Maklum jarang kondangan jadi koleksi baju terbatas.

Galau di Stasiun

Perjalanan dari Bogor menuju lokasi saya tempuh naik kereta alias krl commuter line. Maunya bareng Mba Arin dan Mak Dwina, rekan Asinan Blogger dari Bogor. Sayang waktu keberangkatan kita nggak cocok. Sempat galau sendirian di Stasiun Kalibata karena bingung mau nyambung naik apa. 

Setelah 30 menit merenung, akhirnya saya nyambung naik krl ke Stasiun Cawang. Dari situ baru deh booking mobil online. Beruntung pas mau naik mobil, ketemu temen blogger Mba Dian. Kami pun naik mobil bareng ke acara. Sungguh suatu kebetulan yang menyenangkan.

KEB 11 Tahun
Ketemu Mba Dian

Sampai di lokasi, usai registrasi langsung deh masuk ke dalam ruangan. Semua yang baru datang langsung menikmati hidangan yang tersedia, yaitu Nasi Mandi dengan ayam Chicking. Lanjut shalat dhuhur dulu. 

KEB 11 Tahun
Suguhan makan siang di Bali Notes

Temu Kangen Kumpulan Emak Blogger

Sebelum acara dimulai, saya sempat menyapa para emak blogger yang hadir. Belum semuanya tersapa, saking ramenya, kami sudah disuruh duduk manis karena acara akan dimulai, Untung sempet foto-foto dulu sebelumnya.

KEB 11 Tahun
Nampang di depan Bali Notes

Kopdar alias kopi darat ini beneran mempertemukan saya dengan emak blogger yang sering berinteraksi di dunia maya. Dari cuma kenal lewat tulisannya, foto-fotonya... eh bisa ketemu orangnya langsung itu istimewa banget! Seperti saat ketemu (lagi) dengan sesama food blogger yang foto-fotonya keren, Mak Uci. Kapan-kapan kulinaran lagi yaa!

KEB 11 Tahun
Temen jalan dari Bogor

Sesama penduduk Bogor yang tergabung di Asinan Blogger, malah ketemuannya jauh-jauh di Bali Notes Jakarta. Maklum pada riweuh semua. Kopdar di Bogor belum teralisasi sampai saat ini hahaha. Ada Mak Arin, Mak Dwina, dan Mak Dessy (nggak ikut kefoto). 

KEB 11 Tahun
Difotoin Mak Katerina,
makasi ya!

KEB 11 Tahun
Foto bareng sebelum acara dimulai (foto: Mak Katerina)

Pembukaan syukuran KEB 11 Tahun diawali dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu tampil Mak Mira Sahid sebagai Mak Pounder alias Makpon, yaitu emak pencetus komunitas Kumpulan Emak Blogger. 

KEB 11 Tahun
Sambutan dari Makpon Mira Sahid

Bergantian hadir memberikan sepatah dua patah kata: Mak Indah Juli yang datang dari Jogja bareng Mak Rany, sampai Maketu (Mak Ketua) Elly Nurul yang menjabat sebagai ketua KEB saat ini. Para emak admin (dan mantan admin) ini pun berbagi kisah mereka dalam bersama-sama membesarkan nama KEB.

KEB 11 Tahun
Para makmin (foto: Mak Katerina)

Belajar Bareng Kumpulan Emak Blogger

Sering dituduh kalo kumpul emak2 itu bikin rumpi unfaedah. Etapi kalo kumpul bareng emak blogger dijamin bikin terpecut untuk menulis lebih baik lagi. Karena selalu ada sesi nambah ilmu dan sharing yang bermanfaat. Termasuk pada acara KEB 11 Tahun ini ada mini workshopnya lho.

KEB 11 Tahun
Para pembicara di HUT KEB 11 Tahun

Sharing ilmu sesi pertama dengan pembicara Mas Oktora Irahadi (kerap disapa Bang Tora) selaku CEO INFINA. Beliau sharing tentang personal branding untuk Cari Cuan Masa Kini. 

Kemudahan digital membuat siapa saja bisa berkarya di dunia nyata, termasuk kita para emak. Ini bisa dimanfaatkan untuk menambah pundi rupiah dan bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah.

Seperti profesi konten kreator, digital marketing, gamer, penerjemah, juga blogger. Oleh karena itulah, Bang Tora memberikan tips supaya para emak blogger seperti kita-kita ini bisa sukses dan dapat penghasilan tambahan. Cari Cuan Masa Kini, siapa yang nggak mau?

KEB 11 Tahun
Serius menyimak materi dari Bang Tora

Untuk menjadi blogger yang sukses, penting banget dimulai dengan niat. Kita harus menentukan personal branding sebagai apa. Mau jadi fashion blogger, food blogger atau travel blogger. Kemudian konsisten dengan tema tersebut. Terus sabar karena butuh waktu untuk sukses dan menghasilkan uang.

KEB 11 Tahun
Senangnya bisa belajar bareng di acaara syukuran KEB 11 Tahun

Sharing selanjutnya adalah Mas Ali Muakhir, blogger senior dan penulis. Beliau memberi tahu cara menulis kisah inspiratif agar menarik pembaca dengan metode EMAK. Yaitu:
  • Endapkan rasa (resapi lebih dalam saat mencari dan menuangkan ide cerita).
  • Mulailah dengan membuat struktur (agar struktur inspiratif fix sebelum ditulis).
  • Apa pesan yang akan disampaikan (cari 1 pesan paling dalam dari kisah inspiratif yang akan disampaikan di penutup tulisan).
  • Kapan tulisan akan tuntas (buat jadwal menulis dan tuntaskan).

KEB 11 Tahun
Mas Ali sedang memaparkan materi (foto dok KEB)


KEB 11 Tahun
Sharing ilmunya daging semua!

Wah kayaknya yang terakhir ini berat buat saya. Maklum sedang berusaha untuk konsisten. Sejauh ini baru konsisten nulis resep masakan di blog seminggu sekali. Kadang dirapel kalau nggak sempat posting, hehe.

KEB Berjejak dan Berbagi

Kenapa sih KEB getol banget mengdukasi para emak blogger? Tentu dong. Lewat tangan para emak blogger inilah kita bisa menangkal berita hoax atau cek dan ricek kebenaran sumber cerita sebelum menuangkannya jadi tulisan di blog. Ini adalah bentuk dukungan KEB terhadap Gerakan Nasional Literasi Digital - Siberkreasi.

KEB kini sudah berusia 11 tahun. Lagi masa abege nih. Banyak tantangan untuk membesarkan komunitas sampai saat ini. Pengen tahu lebih banyak ceritanya? Semuanya ada di e-book berjudul  “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas” yang ditulis oleh para makmin Kumpulan Emak Blogger. E-book ini resmi diluncurkan saat acara KEB 11 Tahun. Alhamdulillah. Selamat ya!

Seremoni lainnya yang tidak kalah penting adalah penyerahan secara simbolis #KEBPeduli melalui kampanye #KEBCharity11KRun dalam rangka KEB 11 Tahun sebesar Rp. 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga. Serah terima diwakili oleh Mak Ranny sebagai kerua KEB Solo.

KEB 11 Tahun
Serah terima donasi

Fashion Show Kebaya

Menyemarakkan suasana, hadir komunitas Perempuan Pelestari Budaya Nusantara (PPBN). Para emak cantik ini aktif di media sosial dan dunia nyata dalam menyebarluaskan informasi tentang kain dan kebaya kepada masyarakat luas. 

KEB turut mendukung komunitas yang digawangi oleh Mak Elisa Koraag (saya kerap menyapa beliau Mami Icha) ini untuk terus berkarnya di ruang digital dengan konten positif.

KEB 11 Tahun
Mami Icha cantik berkebaya

Mami Icha menuturkan bahwa kehadiran PPBN dengan berpakain kebaya dan kain tradisional itu gaya, sebagai upaya membiasakan kembali mengenakan buana asli leluhur kita. 

KEB 11 Tahun
Fashion show kebaya dari komunitas PPBN

Potong Tumpeng Syukuran KEB 111 Tahun

KEB 11 Tahun
Tumpeng KEB 11 Tahun (foto dok KEB)

Namanya acara syukuran, kurang kumplit kalau nggak ada acara potong tumpeng sambil mendoakan yang terbaik untuk KEB 11 Tahun. Makpon Mira Sahid memotong tumpeng dan memberikan potongan pertama kepada Makpuh Indah Juli. 

KEB 11 Tahun
Potong tumpeng bareng

Selanjutnya kepada Mak Icoel sebagai mantan makmin. Lalu potongan terakhir untuk Bunda Yati sebagai penghargaan blogger lifetime achievement yang inspiratif.

KEB 11 Tahun
(foto dok KEB)

KEB 11 Tahun
Syukuran potong tumpeng KEB 11 Tahun

Kuis dan Bagi-bagi Hadiah

Makin meriah dengan adanya kuis dan bagi-bagi hadiah di penghujung acara. Saya sempat ketinggalan kuis karena sedang shalat ashar dulu. Ikut jawab juga, tapi jawabannya salah dan nggak dapat hadiah hahaha.

KEB 11 Tahun
Para emak pemenang kuis (foto dok KEB)

KEB 11 Tahun
Senangnya yang dapat hadiah (foto dok KEB)

Pengumuman pemenang best dress pada acara ini adalah yang paling dinantikan. Iya, semua emak yang hadir memakai kebaya, batik, atau kain tradisional. Pakai dress kondangan juga nggak kalah menarik. Semuanya cantik. Tapi ada dong yang paling cantik dan jadi best dress. Siapa kah dia? Mak Lidya Fitrian jadi pemenangnya, selamat ya!

KEB 11 Tahun
Mak Lidya (foto Mak Katerina)

Emak Blogger Jadul

Bahagia bisa ketemu sama teman blogger sesama emak-emak. Biasa saling sapa di dunia maya, sekarang bisa tatap muka langsung. Ngikutin cerita di blog dari jaman anak-anak kami masih kecil, sampai sekarang anaknya ada yg sudah kuliah bahkan kerja. Masya Allah...

KEB 11 Tahun
Bersama Makpon (kiri) dan Mak Nchie (kanan)

Saking hepinya jadi siwer sendiri. Pengen nyapa semua, namun paciweuh olangan. Mau foto bareng sampe kelupaan saking asiknya haha hihi. Waktunya kurang lama nih.

KEB 11 Tahun
Foto-foto sebelum pulang (foto: Mak Amel)

Buat yang belum kenal siapa saya, salam kenal ya. Saya pemilik blog www.innariana.com, www.dapurngebut.com dan  www.emakriweuh.blogspot.com (dulu pake dot com). Awal ngeblog tahun 2011 tentang keluarga di blog Emak Riweuh. Nama yang sama juga dipakai untuk akun Twitter.

Di HUT KEB 11 Tahun ini ketemu banyak blogger inspiratif, terutama Bunda Yati yang masih semangat berkarya di usianya yang sudah 83 tahun. Masya Allah. Semoga sehat selalu untuk Bunda Yati.

KEB 11 Tahun
Bunda Yati blogger inspiratif

KEB 11 Tahun
Fans Bunda Yati (foto: Mak Mira)

Hmm, ngomongin blogger lama.
Katanya, saya dan emak-emak blogger yang duduk nyender di belakang termasuk blogger jadul. Tapi saya seneng kok dibilang jadul. Berasa vintage gitu diantara emak-emak blogger generasi selanjutnya. 

Berikut adalah video ucapan selamat ulang tahun persembahan dari kami, emak blogger jadul...


Sebelum berpisah, tidak ketinggalan foto bareng dulu dong...

KEB 11 Tahun

KEB 11 Tahun


Selamat ulang tahun ke 11 buat Kumpulan Emak Blogger. Komunitas pertama yang saya ikuti. Belajar dari nol tentang ngeblog, dapat banyak teman baru dan pengalaman seru. Berkah selalu untuk menebar kebaikan lewat tulisan blog di ranah literasi digital. Berjejak dan Berbagi.

Semoga sukses dan terus menginspirasi untuk KEB tercinta ❤️

Acara Syukuran KEB 11 Tahun ini didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes. 

Sampai jumpa di tahun berikutnya!

3 komentar

  1. Wah sudah sebelas tahun aja KEB, selamat atas tahun-tahun yang panjangnya. Semoga tetap bermanfaat dan produktif jadi blogger. Salut sama emak-emak yang tetap menulis di sela-sela ribetnya urusan rumah.

    BalasHapus
  2. acaranya seru bgt, seneng bgt bisa ketemu Emak semua yang udah lama banget ga ketemu offline selama pandemi....

    BalasHapus
  3. Wahhh kereenn. sangat kreatif..

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berpromosi atau berjualan. Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)